Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony NEX-5N

Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony NEX-5N - Untuk memenuhi kebutuhan akan kamera DSLR dan poket, yakni kamera dengan ukuran sekecil kamera poket tapi dengan fitur sekaya DSLR, kini hadir jenis kamera mirrorless interchangeable lens. Penggunaannya sederhana, tapi hasilnya luar biasa. Salah satu vendor kamera berpengalaman yang bermain di segmen ini adalah Sony. Bagi Sony, bergelut di segmen kamera mirrorless interchangeable lens bukan hal baru. Sebab, perusahaan asal Jepang ini sudah beberapa kali meluncurkan produk sejenis. Memilih kamera untuk mengabadikan momen-momen penting anda bukanlah hal yang mudah rasanya pada zaman sekarang ini. Kamera digital single-lens reflex atau DSLR memang tak bisa disandingkan dengan kamera poket. Selain harganya jauh berbeda, beberapa fitur yang diusung bak langit dan Bumi. DSLR jauh lebih hebat ketimbang kamera poket.

Meski begitu, bukan berarti kamera poket kalah dalam segala hal. Dari segi ukuran dan kepraktisan, misalnya, kamera poket yang menang. Kamera DSLR berukuran besar dan tak praktis, sedangkan kamera poket dengan mudah dibawa ke mana-mana. Banyaknya pilihan jenis dan ragam kamera di pasaran menjadi salah satu faktor mengapa memilih kamera menjadi hal yang cukup sulit. Ditambah lagi pengetahuan akan kamera yang kurang, sehingga akhirnya terkesan asal bagus atau asal mahal dalam memilih kamera. Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony NEX-5N ini akan menjadi panduan Sebelum anda memilih kamera agar mengetahui apa saja fasilitas yang akan didapat dari sebuah kamera, apa yang akan anda gunakan dan untuk apa anda menggunakan kamera tersebut.

Jika anda fotografer yang membutuhkan kamera yang dapat menghasilkan gambar berkualitas serta kontrol penuh terhadap kamera anda, ada baiknya anda memilih kamera DSLR. Karena kualitas dan fiturnya sangat cocok bagi fotografer. Dan bila ditinjau dari kualitas foto hasil jepretan Kamera Mirrorless Sony NEX-5N sebenarnya bisa dicoba oleh pemula. Kamera mirrorless ini memiliki ukuran lensa yang setara dengan kamera DSLR kelas menengah namun memiliki ukuran layaknya compact/pocket camera. Anda pun dapat mengganti lensa pada mirrorless layaknya pada kamera DSLR. Perbedaannya, kamera mirrorless tidak menggunakan optik viewfinder seperti DSLR. Salah satu penghasil kamera mirrorless adalah Sony, dengan salah satu produknya yang akan dibahas disini yaitu Sony NEX-5N.

Kamera Mirrorless Sony NEX-5N


Harga Kamera Mirrorless Sony NEX-5N

Beberapa sumber menyebutkan, Sony NEX-5N dengan lensa 18-55mm f/3.5-6.3, atau biasa disebut lensa kit, dijual dengan harga Rp 8 juta. Sedangkan Sony NEX-5N dengan lensa 18-200 mm dijual seharga Rp 12,9 juta. Harga yang ditawarkan untuk sebuah Kamera Sony NEX-5N berada di atas harga compact/pocket camera biasa namun tidak semahal kamera DSLR.

Baca juga : Daftar Harga Kamera Sony Terbaru

Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony NEX-5N

Kita mulai dari Lensanya yang bisa dibuka-pasang berkat E-mount system. Hebatnya lagi, kamera seri NEX ini juga bisa menggunakan lensa reguler kamera DSLR Sony Alpha dengan ukuran apa pun, berkat aksesori adapter LA-EA2 yang dijual terpisah.Selain untuk menangkap gambar diam, NEX-5N dapat merekam video dengan definisi tinggi penuh atau Full HD 1920 x1080p dengan kualitas Advanced Video Coding High Definition (AVCHD). Kamera ini dilengkapi dengan sensor CMOS APSC berukuran 23.4x15.6 mm dan mempunyai resolusi 16.1 Megapixel membuat kamera ini dapat menjadi senjata andalan anda untuk mengabadikan gambar-gambar dengan berkualitas. Selain itu, kamera ini juga mempunyai rentang ISO antara 200 hingga 256000 yang dapat diatur secara manual maupun ototmatis. Rentang ISO ini tentunya akan memudahkan anda untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Fitur yang terdapat pada Sony NEX-5N sangat mirip dengan pendahulunya, NEX-5. Namun ada juga beberapa perubahan yang dibuat agar penggunaan kamera ini lebih mudah bagi para pemula. Sudut pandang layar NEX-5N bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengambil gambar posisi rendah, misalnya, kita tak perlu membungkukkan tubuh. Layar LCD hanya perlu ditekuk ke atas dan kamera siap menjepret. Seperti kamera poket pada umumnya, Sony NEX-5N juga tak dilengkapi dengan view finder. Untuk membidik obyek yang hendak direkam, kita cukup melihat layar LCD sebesar 3 inci.

NEX-5N memang bukan kamera interchangeable lens terkecil di dunia. Namun, dengan bobot sekitar 210 gram dan ketebalan 23,3 milimeter, kamera ini sangat nyaman digenggam dan dimasukkan dalam tas. Selain itu pada kamera Mirrorless Sony tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur picture effect dan creative style yang dapat menghasilkan gambar yang unik cocok untuk anda yang ingin mengedit foto tanpa memindahkan ke PC terlebih dahulu. Anda pun dapat menyimpan banyak gambar dan video karena kamera ini dapat ditambahkan memori eksternal pro stick duo. Jangan lupakan pula kemampuannya untuk merekam video yang membuat anda tidak perlu repot membawa handycam untuk merekam setiap momen penting. Kemampuan yang sangat mumpuni ini terbalut dalam disain yang tidak sebesar kamera DSLR.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Sony pada Kamera Mirrorless NEX-5N, untuk itu ErraDital telah merangkum Spesifikasi lengkapnya pada tabel berikut :

Info
Tipe Kamera
Kamera SLD / MILC
Merek
Sony
Nama Produk Kamera
Sony Alpha NEX-5N
Berat
210 g (0.46 lbs)
Ukuran Dimensi
110.8 x 58.8 x 38.2 mm (4.4 x 2.4 x 1.6 inci)
Release Year
2011
Lensa
Auto Focus
Ya, Contrast AF
Manual Focus
Ya
Optical Zoom
Digital Zoom
Tidak
Focus Range
Macro Focus Range
Focal Length (35mm equivalent)
Aperture Range
Exposure
Pengaturan ISO
Auto, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800, 25600
Maksimal ISO
25600
Minimal ISO
100
Min Shutter Speed
1/4000
Max Shutter Speed
30
Exposure Comensation
±2 EV (at 1/3 EV steps)
Metering
Multi, Center-weighted, Spot
Aperture Priority (Av)
Ya
Shutter Priority (Tv)
Ya
Sensor Kamera
Sensor Type
CMOS
Sensor Size
23.4 x 15.6 mm (1.11″)
Effective Megapixels
16.1 Pixels
Total Pixels
16.7 Pixels
Image Stabilization
Tidak
Flash
Flash (Built-in)
Tidak
Flash (External)
Ya (Accessory Port)
Flash Modes
Auto, On, Off, Red-Eye, Slow Sync, Rear Curtain, Fill-in
Viewfinder
Optical Viewfinder
Tidak
Digital Viewfinder
Ya
Viewfinder Type
Optional OLED finder available (FDA-EV1S)
Viewfinder Accuracy
Layar
Tipe Layar
TFT Xtra Fine™ LCD w/TruBlack™ technology
Ukuran Layar
3.0 inci
Resolusi Layar
921,600 pixels
Live View
Ya
Video
Video / Movie Mode
Ya
Video Frame Rate
1920 x 1080 (60 fps), 1440 x 1080 (30 fps), 640 x 480 (30 fps)
Video Resolutions
1920 x 1080 (60 fps), 1440 x 1080 (30 fps), 640 x 480 (30 fps)
Video Formats
AVCHD / MP4 (MPEG-4 AVC (H.264))
Memori
Memory Internal
Tidak
Format Memori
MS PRO Duo, SD, SDHC, SDXC
Audio Formats
AVCHD / MP4 (MPEG-4 AVC (H.264))
Uncompressed Formats
RAW
Performance
Continuous Drive
Ya
Continuous Drive Rate
10 fps
Baterai
Tipe Baterai
Lithium-Ion NP-FH50
Battery Standby
430
Koneksi
Video Out
Tidak
Audio In / Mic
Tidak
Audio Out
Tidak
USB
USB 2.0 High Speed
HDMI
Ya
Fitur lainnya
Remote Control
Ya, RMT-DSLR1 IR
Self Timer
Ya
GPS
Tidak
Wi-Fi
Tidak
Sony Alpha NEX-5N yang datang dengan layar 3.0 inci , telah disisipkan kamera 16.1 Pixels, Dimensi 110.8 x 58.8 x 38.2 mm (4.4 x 2.4 x 1.6 inci) , dan daya tampung baterai Lithium-Ion NP-FH50 dapat bertahan hingga 430 jepretan. Minat?

Demikian saja postingan mengenai Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony NEX-5N, semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony NEX-5N"

Post a Comment